Jerawat - Gunung Berapi Menjulang di Atas Wajah

Ya ampun, siapa sih yang belum pernah punya jerawat di masa pubertasnya? Dan kenapa sih jerawat terus menerus muncul?

Minyak yang menumpuk "dengan rapi"

Selain memiliki kantong rambut yang menumbuhkan rambut, pada kulit kita juga terdapat kelenjar minyak. Minyak yang dihasilkan kelenjar minyak ini keluar melalui pori-pori dan berfungsi untuk melembabkan permukaan kulit dan rambut. Tapi, kalau minyak yang dihasilkan terlalu banyak, atau ada sel mati yang menempel pada minyak sehingga pori-pori dan kelenjar minyak tersumbat, masalah pun muncul. Timbullah jerawat di tempat itu.

Apabila kelenjar minyak tersumbat, minyak akan terus menumpuk; lubang keluar sudah tersumbat, tapi minyak terus diproduksi! Jerawat pertama yang muncul adalah jerawat putih. Namun jika pori-porinya terbuka, lalu minyaknya ditempeli debu, jerawat berkamuflase menjadi hitam. Apabila bakteri jerawat di dalam kulit berkembang biak dalam minyak yang bertumpuk, maka menyebabkan infeksi sehingga membengkak dan berwarna merah. Jerawat merah ini lalu membesar sedikit demi sedikit, dan jika infeksinya makin parah, kelak menjadi matang dan menguning.

BEBERAPA KESALAHPAHAMAN MENGENAI JERAWAT
• Terlalu banyak makan makanan yang berminyak, cokelat dan kopi menyebabkan banyak jerawat?
Kalau banyak makan makanan yang mengandung minyak seperti gorengan, maka minyak di wajah akan lebih banyak keluar sehingga memperparah timbulnya jerawat? Itu terlalu berlebihan! Makanan tidak ada hubungannya dengan jerawat.
• Jerawat akan hilang kalau banyak berjemur di bawah panas Matahari?
Kalau kita banyak berjemur di bawah panas Matahari, kulit akan menghitam dan memerah, sehingga pembengkakannya terlihat berkurang. Tetapi ini sifatnya hanya sementara. Terlalu banyak berjemur bisa membuat kulit cepat menua.
• Kalau jerawat tidak dipecahkan, akan menyebabkan bintik-bintik di wajah?
Justru kalau kita salah memencet jerawat yang sedang membengkak, tempat timbulnya jerawat itu akan terlihat menghitam seperti bintik-bintik hitam.


Masa pubertas adalah masa munculnya jerawat

Sebenarnya mengapa jerawat banyak muncul pada saat pubertas?

Masa pubertas adalah saatnya perubahan tubuh dan jiwa menjadi dewasa, sehingga produksi hormon gender akan aktif dan banyak mengeluarkan minyak. Terutama hormon androgen dalam tubuh anak laki-laki menyebabkan kelenjar minyak terangsang sehingga mengeluarkan banyak minyak. Inilah alasan mengapa saat pubertas, anak cowok jerawatnya lebih banyak dari anak cewek.

Namun demikian, walaupun kita sudah dewasa, jerawat tetap akan keluar jika banyak minyak yang muncul akibat stres, karena bawaan lahir atau penggunaan kosmetik yang menyumbat pori-pori. Jerawat biasanya muncul di wajah, tapi bisa juga muncul di dada, pundak, bahkan di pantat. Kalau begitu, mengapa banyak jerawat muncul di wajah? Tidak lain dan tidak bukan karena ada banyak kelenjar minyak di wajah.

Bagaimana kalau tidak ingin wajah kita "bergelombang" seperti permukaan Bulan?

Tentu jerawat akan menghilang seiring berlalunya waktu. Namun, tiap kali melihat cermin, sulit sekali rasanya membiarkan jerawat menyulam wajah menjadi "berwarna-warni". Tanpa memikirkan akibatnya, kita kadang suka memecahkan jerawat saat bercermin dan mengorek-ngoreknya saat sedang diam. Ini sudah kelewatan! Wajah kita justru jadi lebih rusak. Kalau begitu, bagaimana cara mencegah dan mengobati jerawat?

Pencegahan yang paling utama adalah mencuci muka dengan menggosok wajah dengan lembut memakai air hangat, lalu cucilah menggunakan sabun. Lakukan hal ini secara teratur, 2-3 kali sehari. Jangan menggosok wajah terlalu keras atau terlalu sering mencuci muka, karena justru akan merangsang kulit sehingga memperparah jerawat.

Namun yang terpenting adalah, jangan melakukan pengobatan sendiri. Memencet jerawat sembarangan dengan kuku atau menggunakan sembarang krim pada wajah, akan memperparah jerawat dan mudah menimbulkan bekas jerawat.


Young, Yim Sook. Rang, Kim I. 2005. The Dirties Science in the World. Korea: Woongjin Think Big Co., Ltd.

Crescent)))

0 Response to "Jerawat - Gunung Berapi Menjulang di Atas Wajah"

Post a Comment