Tertipulah Mata Kita

Pernahkan mata kalian tertipu? Pernahkah melihat film Tom & Jerry? Jika kalian pernah melihat film tersebut, maka mata kalian bisa dikatakan tertipu. Mengapa demikian?

PUPIL MERAH
Mengapa mata kita merah jika dipotret dalam foto berwarna yang dibuat dengan cahaya lampu kilat di ruangan yang agak gelap?

Pupil, dalam gelap akan terbuka lebar untuk dapat memperkuat daya lihat. Nah, karena itulah pupil bereaksi terlalu lamban jika terkena cahaya lampu kilat yang menyilaukan itu. Cahaya tersebut masuk penuh ke dalam mata, hingga pembuluh darah yang berwarna merah dan halus di selaput jala tampak jelas.

Percobaan: Jika dalam ruang gelap mata kita diterangi lampu senter dari samping, kita akan dapat melihat jaringan pembuluh itu bagai retakan pada dinding tembok yang rusak.

PENGARUH KINEMATOGRAFIS
Mengapa pagar yang agak rapat terlihat tembus pandang saat kita melewatinya dengan kendaraan, sedangkan tidak banyak yang dapat dilihat saat kita berhenti?

Mata kita lembam. Pada saat berhenti, gambar yang tertangkap pada saat melewati celah pagar mempengaruhi selaput jala sangat lambat sampai gambar dari celah berikutnya masuk. Sedangkan saat kita menggunakan kendaraan, urutan gambar yang terpisah-pisah ini melebur menjadi gambar yang lengkap seperti dalam film yang dalam satu detik menyajikan kurang lebih 24 gambar bebas dari gangguan getaran cahaya. Karena mata disetel pada obyek-obyek terang yang jauh di belakang pagar, mata menangkap papan-papan yang lewat cepat di depannya hanya sebagai bidang yang kabur.

RODA DALAM FILM
Mengapa kadang roda kereta kuda atau mobil yang melaju cepat dalam film tampak seperti berhenti atau bahkan berputar mundur?

Pada pembuatan suatu film, dalam setengah detik diterangi dua belas gambar. Jika roda dengan dua belas jari-jari berputar sekali dalam setengah detik, jari-jari itu mempunyai kedudukan yang sama dalam keduabelas bingkai film. Dan pada waktu film tersebut diputar, roda itu tampaknya diam. Orang mengatakannya bahwa gambar film dan jari-jari berjalan sinkron. Jika film diputar lebih lambat, sebagai contoh sebelas gambar tiap setengah detik, tiap jari-jari dalam tiap gambar tertinggal sedikit dan tampaknya roda tersebut berputar mundur.

POLA MOIRE
Mengapa jika kita berada di jalan bebas hambatan mendekati jembatan lintas di atas, kita melihat pola terang dan gelap secara bergantian pada pagar-pagar jembatan yang berseberangan?

Karena jarak yang berlainan antara mata dan masing-masing pagar jembatan, nampaknya jarak antara batang-batang pagar tidak sama. Kadang batang-batang tersebut nampak yang satu berdiri di belakang yang lain, kadang nampak berderet rapat berdampingan dan dengan demikian mengubah pandangan menembusnya menurut pola dan irama tertentu. Pola demikian, yang biasa disebut pola moire, terjadi di tempat-tempat yang terdapat ketidakcocokan jarak atau sudut antara garis-garis yang bertumpang tindih. Sebut saja dalam lipatan vitrasi jendela dari tulle, pada garis-garis foto di koran atau pada dua sisir berlainan yang kita pegang berbalikan dan berdampingan lalu digerakkan. Di layar televisi pun kadang bisa terbentuk moire saat gangguan; sinkronisasi baris tidak cocok.

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan mengapa mata kita kadang tertipu saat melihat film kartun seperi Tom & Jerry. Jadi, terus ikuti blog ini!


Press, Hans Jürgen. 1984. Rahasia Sehari-hari. Bandung: Angkasa.

Crescent)))

0 Response to "Tertipulah Mata Kita"

Post a Comment